Inersia Kehidupan

Saat semua-semua ttg printilan visa sudah beres dan waktunya move beli tiket dan mulai packing karena rencana dua minggu lagi berangkat.
Ada rasa malas dan pengen take a slow. Aneh, padahal ini yg dinanti-nanti. Tetiba jadi teringat kelembaman pas pelajaran Fisika. Kelembaman atau inersia adalah kecenderungan semua benda fisik utk menolak perubahan. Kalo istilah gampangnya comfort zone. Yaaaa…hukum Fisika itu berlaku untuk semua benda di bumi ini dan menurutku juga berlaku pada manusia.
Ini memang sudah rumusan alam, setiap benda mempunyai kecenderungan mempertahankan posisinya. Pun, ini juga jawaban mengapa kita merasa kehilangan saat tiba-tiba jauh dari orang yg selama ini dekat dengan kita. Juga sedikit titik terang tentang ikatan batin seorang ibu dgn anak2 pernah satu tubuh saat usia kehamilan.

Inersia kehidupan, seperti misteri. Kadang ini yang membuat kita berat memulai hal baru, posisi baru dan suasana baru. Padahal kita tahu, segala keajaiban dalam dunia ini berkaitan erat dengan kecepatan! Segala pertumbuhan teknologi setali dengan kecepatan! Dan hal-hal kasat mata jg berhubungan dgn kecepatan. Malaikat dgn kecepatan cahayanya menembus langit dan ruang, Rasulullah dgn kecepatan Buroq menembus langit. Kecepatan juga berkaitan dgn percepatan.
Kalo pernah denger kata istiqomah, sesuatu yg sedikit tapi rutin lebih baik drpd banyak tapi hanya sesekali. Allah lebih menyukai hambaNya yg mempunyai percepatan kebaikan amalan dalam hidupnya.
Artinya, inersia atau kelembaman alias comfort zone bagi  manusia bisa diminimalisir dgn selalu terus bergerak meski sedikit. Agar tercipta percepatan dari kecepatan-kecepatan kebaikan.

Ini cara mudah ninggalin comfort zone, hukum akan menjawabnya.
Gilaaaaak! Aku gak nyangka ilmu Fisika yg sll dpt nilai 6 di rapot SMA masih nempel folosofinya. Alhamdulillah, smg ilmu yg kita pelajari bermanfaat

3 thoughts on “Inersia Kehidupan

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s