Anak Pendiam?

Beberapa waktu yang lalu  saat menghadiri sesi pembahasan psikotest dan konsultasi langsung dengan psikolog anak di TK aku dapat banyak sekali pencerahan. Paling gak aku bisa tahu kekuranganku selama ini dalam membesarkan anak terutama si kecil #azagirl yang masih usia playgroup (3,5 tahun saat ini). Kalau tentang #alzamboy so far so proud of him (sebagai emak bekerja yang banyak kurang waktu ngebaca hasil psikotest dan denger penjelasan sama psikolog sih merasa sejauh ini udah tepat nanganin dia.

 

Hasil observasi psikolog sih sebenarnya oke-oke saja buat #azagirl. Tapi sesi konsul langsung dengan psikolog jadi lahan buat aku konsultasi masalah pengasuhan. Aku rasa #azagirl itu tipe pendiam banget (kalau dengan orang asing dan di lingkungan umum). Wajar sih sebenarnya di usia segitu. Terus dia seneng banget main sendiri anteng dalam waktu yang lama. Tentu jadi kesempatan bagiku untuk mengerjakan aktivitas lainnya di rumah selama dia main sendiri. Dia kuat untuk main puzzle begadang semalaman dan baru tidur pukul 4 pagi. Untuk usia anak 3 tahunan menurutku itu WOW. Jadi waktu itu kita sedang #eurotrip dan bermalam di rumah teman. Nah, ada mainan puzzle kayu yang unik deh. Bukan puzzle kayu biasa yang kami lihat. Yaudah semenjak lihat itu puzzle kayu dia menolak untuk tidur malam dan kekeuh bongkar pasang puzzle sampai waktu sahur (saat itu Ramadhan).

 

Keras kepalanya emang bener bikin emaknya harus tarik-ulur ngadepinnya. Beda dengan kakaknya yang bisa dinegosiasi. Beda juga dengan kakaknya yang tipe sosial banget, azagirl bener-bener suka asyik main sendiri. Nah nah, akhirnya aku baru menyadari bahwa pola asuh selama ini memang benar memengaruhi dia. Selain emang ada bawaan karakternya dia yang emang begitu.

 

Beda dengan kakaknya yang sering diajak main keluar sejak bayi, pengasuh di rumah sekarang jarang banget ngajak #azagirl main ke luar rumah.  Beda juga dengan kakaknya yang dulu masih full perhatian, sekarang berhubung sudah dua anak  ( jarak 20 bulan) bikin emaknya lebih repot dan cenderung ngasih mereka mainan supaya main berdua anteng while emaknya bisa masak atau melakukan aktivitas lainnya. Kalau pas masih satu anak berasa pengen nemenin anak main, kalau sekarang cenderung ngasih mainan terus ditinggal untuk melakukan pekerjaan rumah tangga.

 

Aku rasa itu penyebabnya, terus kata psikolog gak apa-apa sih kalau kita mau melakukan pekerjaan lainnya. Tapi itu anak jangan ditinggal gitu aja pas main sendiri, bisa disetelin musik (paling bagus murottal Alqurán) atau dinyalain TV atau radio. Intinya jangan sampai hening banget gitu. Nanti sisi negatifnya si anak jadi males ngomong karena gak ada temen interaksi. Dan lebih suka sendiri kurang suka sosial. Apalagi #azagirl tipe yang emang suka banget main sendiri dalam jangka waktu yang lama (konstrasi dia tinggi banget).

 

Kalau sebelumnya aku tipe yang senang ME TIME saat anak-anak main sendiri. Sekarang aku justru ingin melibatkan diri lebih lagi saat mereka main.  Justru dengan bermain bersama banyak hal yang bisa mereka dapatkan.

Masalahnya sepulang kantor aku rasa sih waktuku udah dedikasi penuh buat mereka (belajar, bermain, baca buku, nyanyi, main dsb). Rasanya sih, perasaanku aku udah cukup terlibat. Setiap di rumah rasanya emang waktu buat mereka. Hmmm…mungkin aku terlalu fokus sama si sulung sehingga melupakan kebutuhan #azagirl. Atau mungkin ya pengaruh pola asuh pengasuh yang sekarang. Itu sih kayaknya…..

Yah, namanya tumbuh dan berkembang kan ada saja fase-fase yang dilalui ya dan treatment-treatment tertentu untuk tahapan dan kondisi tertentu. Paling gak saat ini aku ada gambaran dan langkah-langkah perbaikan pola asuh khusus buat #azagirl supaya dia lebih semangat lagi mengeksplor banyak hal di luaran sana.

Jadi yang awalnya aku seneng aja kalau anak anteng main sendiri sekarang lebih berasa lebih melibatkan diri terutama komunikasi saat main bersama mereka. Kali aja berguna bagi yang ngerasa anaknya pendiam banget :p

 

Aza-aza fighting!

One thought on “Anak Pendiam?

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s