Memulai Dari Nol

                Rasanya udah lama banget gak ngisi blog. Akhir-akhir ini aktivitasku lebih disibukkan dengan nulis di instagram dan bikin cerpen fiksi juga beberapa artikel non fiksi. Jadi, aku ikutan kelas online kepenulisan. Bahkan ada dua kelas yang aku ikutin sekarang. Pertama kelas menulis cerpen yang dimentorin sama anak muda gitu, yang kedua kelas menulis buku asuhan Pak Cahyaddi Takariawan. Sebenarnya bagiku yang selama ini nulis artikel lepas di medsos (beberapa viral di Facebook dan Instagram) mudah saja rasanya untuk menulis artikel. Namun saat harus membuat cerpen, rasanya kayak “What?!” hahaha…Pasti karena aku belum terbiasa menulis cerpen . Padahal saat aku SD hobiku adalah menulis cerpen, ini yang jadi pijakan dasar aku sebelum menulis apapun.

                Hal yang mendasari aku ikut kelas menulis online adalah tentu saja awalnya karena buku solo yang aku targetkan selesai tahun kemarin gak selesai-selesai. Alasannya sebenarnya karena aku merasa gak percaya diri saja, merasa minim ilmu, gak ngerti teknik dan gak tahu banyak tentang dunia pernerbitan. Untuk itulah di tahun 2018 ini aku konsen ke peningkatan ilmu dan pengalamanku. Aku rasanya butuh komunitas dan arahan dari yang sudah berpengalaman.

                Nah, bagi yang tahu bagaimana tulisan-tulisanku viral di Facebook rasanya mungkin heran, ngapain Zarah ikutan kelas menulis. Padahal Zarah juga pernah ngisi materi kepenulisan di forum dunia maya. Pertama aku ingin memulai kembali dari nol, terutama belajar teknik yang benar dari yang kompeten. Kedua, selama ini aku lebih banyak berbagi di medsos namun aku sadar, tulisanku di medsos tidak cukup kuat untuk diterbitkan sekelas buku. Aku ingin kalaupun nerbitin buku yang bakal long last dan orang gak akan cukup membacanya sekali namun beberapa kali karena saking bermanfaatnya. Ketiga,  aku ingin dapat masukan, saran, kritik dari para ahli tentang tulisan—tulisanku. Jadi saat mengikuti kelas menulis aku diharuskan setor tugas yang juga membentuk habitku menulis setiap hari. Tulisanku juga akan diberi feedback oleh mentor. Jika selama ini aku nulis untuk umum, kali ini aku nulis untuk ahli menulis. Tentu aku mengharapkan tulisanku lebih berbobot dan berisi nantinya.

                Dan lalu kenapa ikutan kelas fiksi? Seperti yang kutulis di atas, awal mula aku tertarik menulis saat kecil adalah menulis cerpen dan novel. Jadi, sebelum tulisan non fiksiku viral di Facebook aku telah melatih diriku pertama kali dengan fiksi. Menulis fiksi juga mengajarkanku menulis lebih detail karena untuk menggambarkan adegan tiap adegan agar menjadi hidup.

                Well, aku sempat merasa pada awalnya seperti mundur selangkah saat berhenti menelurkan artikel di Facebook dan agak menghilang di Facebook. Padahal aku sudah punya masa di sana. Namun, percayalah aku tengah mengisi diriku dengan banyak ilmu sebelum aku siap berbagi lagi kepada yang lainnya. Aku akan kembali dengan tulisan yang lebih berkualitas dan tentu saja sebuah buku! Goal dari kelas kepenulisan yang tengah aku ikuti sekarang.

                Saat menempatkan diri kita belajar dari nol, beneran kita mendapatkan banyak hal untuk dipelajari. Jangan pernah lelah belajar dan berbagi 😀

                Miss u all. So sorry beberpa janji tulisan kepending karena lagi konsen ke pelatihan ini. Dan kenapa nulis? Aku merasa punya tanggung jawab dengan bakatku ini untuk menjadi amal kebaikan. Tiap manusia aku yakin punya misi dalam hidupnya dan aku memilih jalan ini dengan kemampuan yang aku punya. Ini yang banyak orang bilang: Passion!

2 thoughts on “Memulai Dari Nol

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s