Cara Mendaftar Haji

Berhaji adalah cita-cita umat muslim untuk menyempurnakan rukun Islam. Artinya juga umat muslim harus kuat finansial karena ibadah haji membutuhkan uang. Artinya juga harus cerdas finansial termasuk perencanaan keuangan. Nah kalau sudah terkumpul Rp 25.000.000 bisa banget daftar haji melalui Kemenag domisili kamu untuk mendapatkan nomor porsi keberangkatan haji. Tahu sendiri kan banyak banget antrian pergi haji dari Indonesia bisa belasan bahkan puluhan tahun. Jadi menurtuku sih, mengumpulkan uang dan mendaftar haji adalah salah satu prioritas perencanaan keuangan keluarga.Β  Karena menunjukkan niat kita untuk menyempurnakan rukun Islam sebagai muslim J

Setiap Kemenag berbeda-beda syarat pendaftarannya yang aku tuliskan kali ini tentang pendafaran haji melalui Kemenag Kabupaten Bandung tahun 2018

Persayaratan pendaftaran haji

Tahap 1

  1. Setoran awal BPIH dari bank (nomor validasi)
  2. Fotokopi KTP 5 lembar
  3. Fotokopi Kartu Keluarga 5 lembar
  4. Fotokopi domisili 3 lembar (domisili dari desa diatas materai Rp 6000 diketahui camat)
  5. Pas photo (khusus haji latar belakang putih focus 80%), 3×4 = 10 lembar, 4×6= 10 lembar
  6. Fotokopi akta lahir/ijazah/surat nikah
  7. Materai Rp 6000 sebanyak 3 buah

Tahap 2 (saat pemberangkatan haji)

  1. BPIH lunas dari bank
  2. Fotokopi SPPH 1 lembar
  3. Fotokopi KTP 3 lembar
  4. Fotokopi Kartu Keluarga 2 lembar
  5. Pas photo (khusus haji latar belakang putih focus 80%), 3×4 = 10 lembar, 4×6= 4 lembar
  6. Fotokopi akta lahir/ijazah/surat nikah

Persyaratan tsb aku salin dari flyer di Kemenag Kab Bandung. Kalau di Kota Bandung harus pake surat sehat juga, nah kalau di Kabupaten Bandung enggak pakai saat tahap 1 mungkin pas tahap 2 saat keberangkatan kali ya. So, pastiin dulu ya kamu-kamu ke Kemenag domisili kamu karena bisa berbeda pula syaratnya setiap tahun.

Kemenag Kab Bandung letaknya di Jl. Adipati Agung No.42, Baleendah, Bandung. Nah, menurut obrolan sama orang Kemenag antrian setiap harinya mencapai 100 orang. Kami saat itu datang pukul 10.30 lalu terpotong istirahat siang, selesai pukul 13.00. Lumayan sih antrinya. Iya, banyak kan yang daftar haji tiap hari. Beneran harus segera daftar deh.

Letak gedung pendaftaran haji di samping kanan, nanti saat masuk gedung tinggal bawa persayaratan, tunggu petugas meneliti. Kalau sudah lengkap tinggal tunggu antrian panggilan buat foto.

Oiya, khusus pendaftaran haji ke Kemenag Kab Bandung selain nomor validasi dari bank juga diminta Bukti Penerimaan Setoran Awal Biaya Penyelenggaraan. Padahal Kemenag Kota bandung gak menyaratkan lho.

So, daripada bolak-balik mending disiapin saat awal meminta nomor validasi dari bank. Oiya just info kami mendaftar bulan September 2018 dan perkiraan keberangkatan 2032 .

Maaakkk, emang kudu segera daftar haji. Semoga kita semua dimampukan dan dimudahkan memenuhi panggilan Allah, menyempurnakan rukun Islam.

5 thoughts on “Cara Mendaftar Haji

  1. urohpatrick says:

    Serius seeerr 2032? Aku blm ngecek eh brgkt taun kpn, bapaknya cm blg 8taunan ya bu. Brarti kan 2024. Trus ga ku cek lg. Wkwkwk.. itu aku dftr pas ramadhan 2018. Plus pas fotonya cuma diminta bbrp helai yg lgsg ditempel, pdhl aku udh nyetak puluhan krn dpt syarat dr temen. Zzzzz…

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s