DAFTAR ONLINE VAKSIN MENINGITIS

    Familiar dengan vaksin meningitis? Beberapa tahun yang lalu, sempat terdengar kabar berita vaksin meningitis yang menjadi syarat wajib umroh dan haji tidak halal. Nyatanya sih sudah ada sertfikasi halal dari MUI. Kenapa jadi syarat saat umroh/haji?  Karena saat haji/umroh atau bahkan saat kita melancong ke luar negeri ketemu dengan berbagai ras manusia juga berbagai bakteri dan virus. Temanku bahkan memutuskan untuk vaksin meningitis keluarganya sebelum memboyong keluarganya ke Inggris untuk tugas belajar. Pengalamannya menyaksikan koleganya terserang meningitis setelah bepergian ke luar negeri meninggalkan kesan mendalam. Tentunya, kenapa pemerintah mewajibkan vaksin ini sebelum jamaah umroh/haji adalah untuk kemashlahatan bersama.

 

WhatsApp Image 2018-11-22 at 08.45.27

Sertifikat Halal MUI

Nah, ternyata selain mencegah penularan meningitis, suntik vaskin ini juga berguna untuk mencegah penyakit menular lainnya seperti hepatitis, tbc, hiv/aids, tetanus, malaria.

Dan lagi-lagi sama kayak pedaftaran pembuatan paspor yang pernah aku tulis di sini, pendaftaran vaksin meningitis pun antrenya dari pagi buta! Temanku yang mendaftar vaksin meningitis dari jam 6 pagi! Itupun antriannya sudah wow! Nomor antrian pendaftaran di jatah per hari jadi, semua berebut datang pagi.

Nah, syukurlah daku daftar online!

Kusaranin buat kamu-kamu yang perlu vaksin meningitis mendingan daftar online dan tinggal datang di jam tertera saat pendaftaran online, jadi gak perlu datang nyubuh!

Gampang banget buat registrasi vaksinasi internasional secara online! Tinggal akses aja:

https://kespel.kemkes.go.id/vaksinasi_int/vaksinasi_int_public/add

kamu cukup siapkan KTP/Paspor untuk mengisi data pendaftaran, nomor izin dan telepon travel bila umroh, dan tinggal pilih Kantor Kesehatan Pelabuhan terdekat dan waktu kedatangan. Biasanya system akan memberitahu tanggal mana saja yang masih ada sisa porsi pendaftaran.

Nah, setelah mendaftar kamu akan mendapatkan email yang berisi 2 lembar berkas pendaftaran yang harus kamu print untuk dibawa saat hari H ke Kantor Kesehatan Pelabuhan yang kamu pilih.

WhatsApp Image 2018-11-22 at 08.45.27(3)

Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandung Jl. Cikapayang

Cukup bawa KTP/paspor dan berkas pendaftaran saat hari H. sebelum pergi pastikan trafficnya supaya gak terlambat datang. Jika lewat dari jam ketentuan pendaftaran, maka kamu harus bikin pendaftaran online yang baru lagi. Fuh, ini hampir aja kejadian di aku. Karena drama anterin sekolah anak dan macet yang menggila, berangkat dari rumah pukul 8 sampai Kantor Kesehatan Pelabuhan bandung pukul 09.20an . Jam kedatangan pendaftaran online dari system 08.00 s.d. 10.00 untung gak terlambat fuh.

Nah, khusus yang mendaftar di Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandung (kayak aku) bagi yang mendaftar online silakan menyerahkan berkas ke petugas resepsionis di lantai bawah untuk selanjutnya naik ke lantai 2 menunggu panggilan. Praktis kan! Menghemat sekian banyak hal, kalau yang daftar manual harus isi formulis dulu, antri dulu bahkan antri sebelum kantor buka. Kantor buka pukul 08.00 tapi antrian dari pukul 06.00. Banyak banget yang mau vaksin ! Btw letak kantor Kesehatan Pelabuhan Bandung di bawah jalan layang Pasupati dan parkir mobil agak susah, parkirnya di sisi jalan seberang jadinya.

Nah, aku menunggu sekitar 1 jam hingga akhirnya namaku dipanggil di counter 1. Bisa lama antri gini karena sehabis libur panjang jadi kayak mbludak gitu. Biasanya sih, kalau yang online gak nunggu terlalu lama. Tapi cukup nyaman kok ruang tunggunya, disediakan juga minuman. Bisa main medsos, baca buku bahkan ngobrol dengan penunggu yang lain. Kalau namamu dipanggil segera ke counter 1. Untuk yang daftar manual dipanggil berdasarkan nomor antrian, untuk daftar online dipanggil berdasarkan nama.

WhatsApp Image 2018-11-22 at 08.45.27(1)

Suasana Antrian di Lantai 2

Counter 1

Kita akan diperiksa tekanan darah  dan suhu tubuh juga ditanya riwayat penyakit serta alergi. Sebentar kok gak lebih dari 5 menit. Disini, wanita akan diberi cup penampung urin dan alat tes ukur HCG urin. Lalu kemudian ke counter 2.

Counter 2

Bayar! Bagi wanita dikenakan Rp 330.000,- untuk biaya vaksin meningitis dan tes urin  (hamil or kagak). Sementara bagi pria Rp 305.000,- untuk biaya vaksin meningitis saja. Rincian biaya ada di dinding informasi di dekat tangga. Setelah bayar langsung ke ruang vaksin! Oiya, bagi manula ada ruang vaksin VIP. Btw, ruang vaksin wanita dan pria terpisah juga ya *yaiyalah

Ruang Vaksin

Nah catatan penting bagi wanita yang ingin divaksin, pastikan kamu tidak sedang hamil! Karena syarat untuk divaksin tidak hamil! Lalu pastikan kamu pakai baju berkancing atau beresleting agar mudah membuka lengan bagian kiri yang akan disuntik. Ribet banget, banyak ibu-ibu yang yang pakai kaos akhirnya buka kaos dulu buat ngeluarin lengannya.

Nah, kamu taruh dulu berkas ke meja dokter. Lalu ke toilet untuk tes urin. Bagi yang belum pernah menikah pasti bingung cara makai alat tes urin hahahhaha..baca dulu dengan seksama ya, jangan sampai kebalik mana ujung yang dicelup ke urinnya. Strip alat tesnya yang perlu ditunjukkan ke dokter, kalau urin di cup ya dibuang aja ya! Hahahah soalnya ada ibu-ibu yang bawa urin pas keluar dari toilet.

Lalu kamu tinggal nunggu panggilan dokter buat di-juzzz! Nah lucu-lucu juga nih, macem-macem ekspresi orang disuntik. Padahal gak sakit kok. Sebelumnya, biasanya dokter akan berikan sosialisasi tentang manfaat vaksin, diantaranya: vaksin meningitis ini efektif minimal 14 hari sebelum keberangkatan. Karena kekebalan tubuh terbentuk sempurna dalam 14 hari. Dokter juga memastikan kalau kondisi kita sehat. Bagi yang tidak merasa sehat dianjurkan untuk menunda vaksin apalagi jika hari keberangkatan umroh/haji masih lama. Dokter juga menyarakankan vaksin influenza namun tidak tersedia di Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandung.

Kenapa vaksin influenza? Ya namanya ibadah kan gak khusyuk ya kalau batuk dan meler. Gitu kata dokter.. kalau yang ingin vaksin influenza lebih baik abis vaksin meningitis segera di hari yang sama. Supaya kekebalan tubunya terbentuk bersamaan, gitu kata dokternya. Terus dimana vaksinnya? Dimana aja boleh, yang terdekat dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandung di Apotek Kimia Farma Jalan Sulanjana. Harganya katanya 180 ribuan. Katanya….

Tapi, vaksin influenza gak wajib kok gaes, bukan syarat pemerintah untuk haji/umroh. Jadi bebas mau ambil or enggak.

Nah setelah vaksin meningitis kelar, kamu keluar ruangan vaksin menuju conter 3!

Counter 3

Kamu tinggal serahin berkas dari ruang vaksin dan tinggal tunggu panggilan namamu untuk diberikan buku kuning!

WhatsApp Image 2018-11-22 at 08.47.25

Buku Kuning

Yeayy selesai! Datang pukul 09.20 dan keluar gedung pukul 11.00. cukup puas kok dengan pelayanannya!

Oiya, vaksin meningitis ini berlaku selama 2 tahun. Alias masa kekebalannya 2 tahun. Jadi, dalam waktu 2 tahun bila ingin umroh lagi gak usah vaksin lagi ya gaes. Tapi kalau sudah lewat 2 tahun ya harus vaksin lagi.

Demikian info tata cara suntik meningitis di Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandung. See ya in another post!

2 thoughts on “DAFTAR ONLINE VAKSIN MENINGITIS

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s