Tips Persiapan Umroh

Baik, menyicil menjawab pertanyaan-pertanyaan di Instagram tentang #tipsumroh berikut yang bisa kamu siap-siapkan dari jauh hari. Biasanya umroh beserta perjalanannya lamanya 10 hari. Juga, biasanya travel memberikan koper seragam untuk memudahkan handling ukuran 24 inch. Ukuran 24 inch! Yang mana kalau kita isi baju 10 hari beserta perlengkapan lainnya kok penuh : D So gimana dong bawa apa aja?!

Emang bawa apa aja sih?

Sebelum menentukan akan membawa apa saja, jika kamu sudah mendapakan jadwal keberangkatan umroh, lebih baik cek di AccuWeather atau searching di internet tentang kondisi cuaca di Mekkah dan Madinah. Berapa suhunya, berapa tingkat kelembabannya, berapa mentereng UV-nya karena itu memengaruhi barang bawaaanmu.

Sebagai gambaran, Madinah dan Mekah seperti layaknya keadaan udara di gurun adalah kering! Terutama madinah karena jauh dari laut dia lebih kering! Baru sehari-dua hari di Madinah aja kulit udah luka-luka karena kering. Sementara Mekah cenderung lebih lembab karena lebih dekat dengan laut. Bagi penduduk Indonesia yang hidup terbiasa di alam tropis yang penuh kelembaban butuh penyesuaian dengan udara gurun. Jadi banyak yang kulit kering, luka-luka dan ganti kulit.

So, untuk mengantisipasinya kamu kudu bawa produk-produk yang menunjang kesehatanmu, (terlepas dari obat2 pribadi) berikut tambahannya:

  1. Vaseline petroleum Jelly

Kamu akan berterima kasih banyak pada penemu formula Vaseline! Karena Vaseline yang paling cocok buat kulit super kering luka-luka karena udara gurun. Buat bibir kering oke. Pokoknya pas sblm tidur aku oles-oles Vaseline buat kulit kering, paginya better

2. Sabun mandi extra lembab
Sejatinya mandi melunturkan lemak lipid di kulit. So, pilihlah sabun mandi yang banyak pelembabnya supaya kulit gak makin kering. Aku sih pake Dove.

3. Sunscreen atau sunblock
Cari yang SPF 50 aja sekalian, aku sih pake Skinaqua. Jangan lupa pakai semua skincare yang ada wanginya saat tidak sedang berihram ya.

4. Water speay
Enak banget semprot pas kulit lagi kebakar panas. Aku sih bawa spray Bio-Essence! Rekomen banget langsung lembab gitu. Habis thawaf sunnah siang bolong semprot berkali-kali deh aku calming-in kulit.

Buat semua peralatan mandi dan skincare boleh pakai pewangi selama tidak dalam keadaan berihram. Sebagai gambaran berihram itu dimulai saat niat di miqat , thawaf, sa’i, tahalul. Kalau dari madinah, ambil miqot di Bir Ali, biasanya berihram selama belasan jam saja sampai prosesi umrah selesai (tahalul). Sebelum niat saat miqat kita boleh kok pake yang wangi bahkan sunnah mandi dan memakai wewangian sebelum berihram. Juga, sehabis tahalul kita bebas mau pakai wangi asal sebatas skincare dan produk mandi sih bebas. Kecuali kalau kamu haji, yaiya bisa belasan hari kamu berihram, baru deh cari produk mandi dan skincare yang bebas fragnance.

Oiya semuanya bisa aman masuk bagasi ya, kalau mau dibawa ke kabin pesawat per botolnya gak boleh lebih dari 100 ml. amannya sih masuk bagasi semua gaes.

Lalu, jauh-jauh hari kamu bisa mencicil baju apa aja yang dibawa umrah. Bawa baju apa sih?! Kalau perempuan:

  1. Kerudung disaranin bergo ya supaya mudah lepas pakai. Warna bebas sebenarnya, tapi lebih disaranin yang kalem atau polos. Biasanya jamaah umroh cenderung memakai dress code putih dari atas kepala sampai bawah. Tapi itu gak harus kok. Tapi memang putih semua itu enak dilihat seragam dengan kain ihrom bapak-bapak yang warna putih. Atau ada yang tanya, harus bawa kerudung warna gelap? Hitam? Dongker? Bebas gaes…tapi memang kebanyakan orang Timteng sering memakai warna hitam. Boleh lho bawa cadar karena sangat membantu dari terpaan UV. Tapi ingat cadar tidak digunakan saat sedang berihram umroh ya gaes, kamu boleh pakai saat thawaf sunnah. Baca-baca lagi ya larangan saat berihram. Bawa kerudung berapa? Bebas sih menyesuaikan dengan baju. Kamu menganut ganti baju setiap hari atau bisa dipake berulang kali hehe…
  2. Ciput alias daleman kerudung supaya rambut gak melambai-lambai. Membantu auratmu tetap terjaga. Bawa 5 sih cukup estimasi sekali pakai bisa 2 hari.
  3. Baju yang longgar dan nyaman menutup aurat. Boleh atasan dan bawahan, tapi aku lebih praktis terusan alias gamis. Warna juga bebas, tapi biasanya sekali lagi orang-orang cenderung menyukai warna putih untuk prosesi umroh. Ihram juga warna putih soalnya ya. Nah, seperti kubilang pastikan cuaca saat keberangkatan umrohmu. Jadi, kamu bisa menyesuaikan bahan pakaian yang kamu bawa. Kebetulan suamiku bawa celana jeans soalnya lagi musim dingin pas umroh, lumayan lho ngebantu. Berapa banyak bajunya? Menyesuaikan ya, kalau ingin nyuci baju bawa 5 baju cukup. Saranku bawa daster 2 cukup buat tidur. Dipake berkali-kali hahaha…ada juga yang cuma bawa baju sedikit, misal 3 baju, sisanya beli semua di Mekah atau Madinah. Murah-murah kok, 100 ribu juga dapat abaya.
  4. Jaket udah pasti ya harus bawa, minimal dipake di dalam pesawat lah, atau saat angin menerpa. Satu aja cukup kok.
  5. Kaos kaki bagi wanita. Karena muslim Indonesia mengikuti mazhab Syafi’i jadi sepakat ya kaki itu aurat. So, pakailah kaos kaki gaes. Bawa 10 biji tak apa supaya gak nyuci bolak-balik. Lagian gak makan tempat di koper kok itu kaos kaki bisa diselipin. Tambahan: Kaos kaki khusu umroh yang jendol2 bawahnya anti slip. Kebayang gak jalan belasan kilo tanpa alas kaki di masjidil haram?! Telapak kaki kayak sakit gitu, pakai kaos kaki umroh yang jendol2 bawahnya itu bikin empuk telapak kaki n gak sakit karena byk jalan.
  6. Celana panjang untuk dalaman gamis jangan lupa, jaga-jaga kalau tersingkap kan dan biar gak masuk angina. Boleh bawa 8 kalau takut kotor, sebagian ya bisa nyuci kalau kurang.
  7. Celana dalam sekali pakai (celana dalam kertas) aku bawa dua lusin. Sejujurnya sampai hotel udah tepar nyuci kadang ya tepar, mending isi tenaga buat ibadah. Tapi gak semua orang cocok pakai celana dalam kertas, apalagi yang sensitive kulitnya. Jadi aku tetap bawa celana dalam kain 6 biji. Tetap nyaman celana kain!
  8. Bra, prinsipnya sih kalau gak ada waktu nyuci bawa bra sejumlah hari kamu bepergian.
  9. Nah ini cukup penting: manset! Jadi kadang lengan baju kadang melorot gitu kalau gak berkancing, nah ini rawan tersingkap terutama saat ihram, jadi bawa manset ya! Pilih aja warna natural: hitam, putih, krem, atau menyesuaikan dengan warna baju. Bawa sejumlah banyak baju aja.

Jadi, seberapa banyak jumlah pakaian beserta perlengkapan pakaian yang kamu bawa tergantung dari aliran mana yang kamu ikuti: rajin nyuci, belanja baju baru di Mekah-madinah, or penganut baju bisa dipake beberapa hari.

Sementara itu perlengkapan lainnya:

  1. Peniti
  2. Gunting buat tahalul
  3. Gunting kuku untuk potong kuku sebelum ihram
  4. Cukuran buat bercukur sebelum ihram
  5. Hanger baju kalau mau nyuci, bawa 2 juga boleh
  6. Tali jemuran kalau mau nyuci juga
  7. Sabun cuci baju kalau mau nyuci, mending bawa sachetan
  8. Sisir rambut
  9. Obat-obatan pribadi
  10. Kacamata hitam
  11. Masker sekali pakai
  12. Tisu kering
  13. Tisu basah
  14. Kipas angina portable (tentative) tergantung cuaca
  15. Topi umroh (tentative) tergantung cuaca, kalau lagi musim dingin gak kepake sih.
  16. Cemilan kesukaan boleh.
  17. Uang! Berapa banyak? Rata-rata setiap orang membawa 500-1000 riyal, bisa lebih. Enaknya nukar uang di Bank Syariah atau penukaran uang yang menyediakan paket riyal umroh. Gak nukar uang? Gak masalah, kamu bisa narik uang di ATM Mekah ataupun madinah yang berlogo VISA.
  18. Tas kabin besar yg bisa dilipat buat bawa oleh2, atau tas/koper kabin kosong yg saat pulang kamu isi oleh2.

Terpenting tapi sering terlupa:

  1. Tas kecil (biasanya sudah disediakan biro) untuk membawa sandal,HP, dompet ketika di masjid.
  2. Kresek untuk menyimpan baju kotor di koper, membungkus sandal di dalam tas saat masuk masjid. Sebenarnya disediakan juga plastic di pintu masjid khusus sandal, tapi kita gak tahu sikon memungkinkan buat ambil plastic or engga kan.
  3. Sajadah kecil buat sholat harus kamu bawa kemana-mana ya , taruh di tas kecilmu. Kita Gak tahu kebagian sholat di bagian masjid mana soalnya.
  4. Botol minum kosong dibawa kemana-mana ya, masukin tas kecil. Setiap ke masjid nabawi atau masjidil haram bisa kamu refil dengan air zam-zam. Juga bisa kamu isi penuh air zam-zam dan kamu lakban celah tutupnya lalu kamu masukin ke dalam bagasi untuk membawa tambahan air zam-zam. Biasanya dari biro travel sudah memberimu 5 liter air zam-zam.
  5. Buku panduan umroh, doa, dzikir biasanya travel menyediakan. Kalau aku install aplikasi umroh dari playstore. Pilih yang sesuai sunnah.

Jangan lupa terakhir pastikan ke biro travel, kamu dapat fasilitas perlengkapan apa saja. Supaya gak double beli.

Terakhir, kucuma mau bilang semua perlengkapan dan peralatan di atas kalau kamu lupa bawa gak masalah, karena di Madinah dan Mekah banyak toko di pinggir jalan yang menjual kebutuhan jamaah. Jadi kalau gak bawa tinggal beli aja. Hanya satu yang gak bisa dibeli dan gak bisa diulang lagi! Bekal takwa , bekal ilmu , bekal ruhiyah, bekal fisikmu!

Jauh-jauh hari bisa latihan berjalan kaki, karena jika kamu rajin thawaf sunnah bisa belasan sampai puluhan kilometer jalannya. Kamu harus siapin stamina karena ibadahnya menguras tenaga juga. Kamu juga harus memperbanyak ilmu dan mempelajari fiqih umroh karena saat ibadah di mekah or madinah akan terlihat banyak keragaman. Kamu harus tahu mana yang nyunah mana yang enggak. Tentu saja sebaik-baik bekal adalah takwa karena dengan takwa Allah yang akan memberikan kemudahan segalanya.

Happy umroh

5 thoughts on “Tips Persiapan Umroh

  1. Sekar says:

    Lengkaaaap. Mantap deh. Saya mau nambahin tapi kayaknya bakal jadi satu postingan sendiri, bukannya komen haha. Saya belum pernah umroh sih, tapi selama ini bantuin ngepack punya Ibuk. Nggak jauh beda kayak gini juga yang dibawa.
    Mudah-mudahan tahun ini bisa berangkat ke sana Ya Allaaaah. Aamiin.

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s