Hamil Di Tengah Pandemi Covid

Angka kehamilan pada tahun 2020 secara global meningkat dikarenakan efek karantina, mengurangi kesibukan ke luar rumah dan memperbanyak tatap muka antara pasangan suami dan istri. Namun hal ini juga diikuti dengan meningkatkan angka perceraian. Bagaimanapun, kadang sering bertemu bisa juga menyebabkan sering berselisih ya.

Saya, meskipun hamil bukan karena efek karantina eh kalau di Indonesia PSBB ya tapi juga turut merasakan perbedaan treatment selama hamil sekarang dibanding 3 anak sebelumnya.

Pandemi ini mengakibatkan dibatasinya aktivitas ke luar rumah, apalagi ke Rumah Sakit. Hal ini tentu saja merubah banyak hal , terutama control bulanan kandungan yang biasanya sebulan sekali sekarang dikurangi menjadi setiap 3 bulan sekali (per trimester). Kecuali tentu saja jika merasa ada keluhan ataupun jika sudah menjelang due date persalinan.

Saat mengetahui badan menjadi dua di saat pandemi, hal pertama yang saya lakukan:

Mencari provider RS yang aman (tidak menjadi RS rujukan penanganan covid-19) untuk meminimalisir resiko. Booking via phone ataupun layanan online untuk berkonsultasi . Bagi trimester awal dianjurkan untuk USG sehingga mengetahui posisi janin apakah di dalam kandungan atau di luar kandungan.

Aku juga mencari info bagaimana panduan melahirkan yang aman di tengah pandemi, termasuk SOP yang seharusnya. Hal ini memang berbeda dibanding kehamilan sebelumnya.  Seperti prosedur rapid test sebelum melahirkan, observasi pada bayi setelah dilahirkan, dsb.

Nah tapi ternyata bagi ibu hamil banyak manfaatnya lho di dalam rumah saat pandemi, yang jelas makanan pasti homemade semua karena masak sendiri meminimalisir resiko membeli makanan saat pandemi.

Lalu, bisa mudah melakukan exercise melalui banyak chanel work out dan exercise sejak trimester awal, ada banyak di youtube, favoritku:

Lucy https://youtu.be/uDei1l8vcII

bodyFit by Amy https://youtu.be/_9i1RFqR1Xk

juga masih banyak chanel lain, kadang yoga https://youtu.be/44fYnoSLL3c dan masih byk chanel lain

 

menurutku penting bgt ya exercise pas hamil, jika ga ada keluhan dan semua normal, minimal seminggu sekali exercise, kalau buat yang sebelumnya rutin olahraga bisa setiap hari, tapi kalau aku maksimal 3 kali seminggu karena trimester awal ini aku cenderung lemas sih.

Dan beda bgt klo rutin exercise, badan jauh lebih fit, mood juga lebih oke banget! karena selama masa pandemi jadi tim rebahan bikin pegel!

oiya selain exercise aku juga sebisa mungkin rutin jalan kaki pagi, bagus bgt ya manfaat jalan kaki apalagi buat ibu hamil. Biasanya setelah subuh aku jalan kaki 30 menitan sambil variasi dengan exercise. Kenapa setelah subuh? karena belum ada orang dan seger bgt udaranya!

 

 

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s